Monday, December 22, 2008

Ayam Balado

Nemu daun sweet basil dibikin ini deh..:-) Idenya dari sini

Resep:

Bahan:
1 ekor ayam, potong2/1o buah sayap ayam bagian atas
2 sdm air jeruk lemon

Bumbu:
1o buah cabe keriting/ 3-5 buah cabe merah thailand
2 buah tomat
4 lembar daun jeruk
1/4 bw bombai
3 siung bw. putih, parut (utk dibalurkan ke ayam)
Garam secukupnya
Sweet basil secukupnya

Cara membuat:
Lumuri ayam dg jeruk, diamkan kira2 5 menit, cuci bersih
Lumuri ayam dengan bawang putih dan garam, diamkan kira2 15 menit.
Goreng ayam hingga kecolatan, sisihkan
haluskan semua bumbu kecuali daun jeruk dan daun basil
Tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan daun jeruk
Masukkan ayam yg telah digoreng, aduk2 biarkan sebentar hingga bumbu meresap.
Masukkan daun basil, masak sebentar sampai daun basil layu.
Angkat, siap dihidangkan...

Bakwan gobou

Lumayan juga rasa bakwan gobou ini, rasa gobou msh kerasa dikit, tapi enak juga. Apalagi kalu makannya masih anget2...


.

Bahan:
50 gr gobou yg sudah diiris2
50 gr wortel, potong seperti korek api
1/2 bw. bombai
Merica halus, garam secukupnya
5-6 sdm tepung tempura
air secukupnya
Minyak utk menggoreng

Cara membuat:
Campur semua bahan jadi satu, tambahkan air . Goreng hingga kecoklatan.
Bisa dimakan dg soyu, sambal botol.

Horensou berbumbu



Bahan:
200 gr horensou
aburage 2 lembar

Bumbu:
11/2 sdm soyu
1 sdt gula pasir
1 sdm cuka
1 sdm goma (wijen)
1 sdt garam

Cara membuat:
Didihkan air dan garam, masukkan horensou.
Masak, angkat tiriskan, potong2
Rebus aburage sebentar, angkat peras airnya, potong2
Campur semua bumbu, masukkan potongan horensou dan aburage.
Aduk2 rata semua bahan. Hidangkan

Nasi Goreng Teri

Terinspirasi dari blog ini dan ini, jadi bikinlah nasgor ini. Rasanya enak, praktis dalam 1 dish sudah ada sayuran, nasi dan lauknya. Komplit deh..Ibu senang krn hemat tenaga dan waktu anak2 juga doyan, alhamdulillah...Ma kasih sharing resepnya.



Resep:

Bahan:

Kira2 3 porsi nasi putih
30 gr chirimen (teri kecil2), cuci, tiriskan
1/2 btg wortel, iris kecil2, rebus
10 batang buncis (difoto nggak ada, soalnya lagi nggak punya), potong kecil2, rebus

Bumbu:
1/4 bawang bombai iris kecil2
1 siung bw. putih, iris halus
1 btg serai, potong jadi 4
3 lembar daun jeruk
garam, gula secukupnya

Cara membuat:
Tumis bumbu, setelah harum masukkan teri, tumis sebentar.
masukkan nasi, aduk2
Tambahkan sayuran, aduk2, cicipi rasanya.
Angkat dan hidangkan

Friday, December 19, 2008

Saturday, December 06, 2008

Kare Ayam

Menu ini dibawa waktu pengajian KMI bulan November. Sumbernya dari iklan minyak goreng filma di majalah femina jadul banget.

Resep
Bahan:
1 ekor ayam, potong2, cuci
4 lembar daun jeruk
2 batang serai (sy pakai 1 aja, serai mahal euy..)
2 sdt gula pasir
11/2 sdt garam
600 ml santan encer
250 ml santan kental

Bumbu Yang dihaluskan:
4 siung bawang putih
2 cm kunyit, saya pakai kunyit bubuk 1 sdt
2 cm lengkuas
2 cm jahe
6 buah cabe merah dibuang bijinya
4 butir kemiri
1 sdm ketumbar
1/2 sdt merica
2 mata asam jawa

Cara Membuat:
Tumis bumbu halus, daun jeruk dan serai hingga harum dan matang.
Masukkan ayam, tumis hingga ayam berubah warna.
Masukkan santan encer, kecilkan api. Ungkep (masak) ayam hingga 3/4 matang.
Masukkan santan kental, aduk hingga mendidih/matang.
Dimakan sama ketupat/lontong enak banget...(ngebayangin aja sih..^-^)

Pangsit Goreng



Sumber: Dari sini (NCC)

Bahan:
3 pak kulit pangsit siap beli (saya pakai kulit pangsit yg 1 pak isi 30 lembar)
150 gr daging Ayam giling
100 gr daging Ikan Tenggiri, dihaluskan
100 ml air
40 gr tepung sagu
40 gr tepung terigu
1 sdm daun Bawang Kecil ,iris halus
Minyak goreng secukupnya.

Bumbu halus:
1 sdtg garam
½ sdt lada
½ sdt kaldu bubuk (nggak pakai)
1 sdt gula
1 sdt bawang putih halus
1 sdmb bawang merah halus

Cara membuat:

  1. Aduk rata daging ikan, ayam dan air . Tambahkan bumbu dan aduk rata. masukkan sagu dan terigu, aduk rata, tambahkan irisan daun bawang. Aduk rata lagi, sisihkan.
  2. Bentangkan kulit pangsit bentuk kotak, beri 1 sdt adonan dibagian tengah, lipat hingga adonan tertutup dan bentuk segita, lalu lipat lagi hingga bentuknya mirip pita. Lakukan hingga adonan habis.
  3. Goreng dalam minyak banyak yang sudah panas dengan api sedang hingga kuning kecoklatan.

Friday, December 05, 2008

Puding Kabocha Praktis


Bikinnnya gampang banget. Rasanya enak juga kok ^-^ Dan yg terpenting anak-anak doyan banget. Apalagi Farhan, padahal dia paling susah makan kabocha, alhamdulillah...

Resep:

Bahan:
200 gr kabocha, kukus atau di microwave selama 5 menit (500watt)
500 cc susu cair/krim/santan
80-100 gr gula pasir (tergantung selera)
1 bungkus agar2 putih

cara membuat:
Keruk daging kabocha, blender kabocha dg 100 cc susu/krim/santan, sisihkan
Masak agar2, gula dan susu/krim/santan
Masukkan kabocha sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
Masak hingga mendidih. Dinginkan dicetakan tahan panas.
Siap disantap
.

Tuesday, December 02, 2008

Piman isi daging cincang

Lagi-lagi memanfaatkan bahan yg ada, daripada kebuang sayang kan...Sumbernya masih dari buku oishii 100en okazu

Resesp
Bahan:
200 gr daging cincang (bisa ayam/sapi)
8 buah piman
2 batang jamur shiitake, potong kecil2
1/4 batang wortel, potong kecil2

Bumbu:
A
2 sdt soyu
1 sdt minyak wijen (goma abura)
Garan, merica bubuk secukupnya

B:
Dashi 2 cup (saya buat dari air rebusan konbu dan iwashibushi)
1 sdm soyu
1 sdm gula (pengganti mirin)
1 sdt tepung katakuriko
2 sdt goma abura

cara membuat:
Potong bagian ujung atas pimang sedikit.
Campur daging dg bumbu A
Masukkan daging ke pimang
Rebus bumbu B, kecualai katakuriko, susun pimang isi daging
Masak hingga matang kira2 15-18 menit
larutkan katakuriko dg 1sdm air, masukkan ke panci, adik2
Angkat. Matang deh..

Tuesday, November 25, 2008

Sup Ayam Cincang


Memanfaatkan bahan yg ada bikin deh sup ini. Sayurannya saya ganti sesuai persediaan saja. Untuk sayurannya bisa diganti apa aja, sesuai selera.


Sumber dari buku Oishi 100 en okazu

Bahan:
A
300 gr ayam cincang
1 buah kentang ukuran sedang
1 butir telur
3 sdm katakuriko (tepung sagu/kanji)
1 sdt soyu
Garam, merica secukupnya

Sayuran :

Kol 4 lembar
kapri 10 batang
bw. putih , geprek atau parut
Garam, Merica secukupnya

Cara membuat:
Siapkan air mendidih, bumbui dengan garam merica dan bawang putih
Parut kentang, campur dengan semua bahan A, ambil adonan dengan sendok makan, masukkan ke dalam air mendidih. Lakukan hingga bahan A habis. Masukkan sayuran , cicipi rasanya...Jadi deh...gampang yaa..^-^

Kabocha Bumbu


he..he..bingung bikin judulnya...jadi ngarang deh..Sumbernya juga dari buku okazu masakan jepang.

bahan:
Kabocha 500 gr (saya cuma bikin 1/2nya saja)
A
dashi 1 setengah cup (saya buatnya dari kaldu konbu dan iwashibushi)
Gula 6 sdm)
B:
garam1/2 sdt
soyu 1/2 sdm

Cara membuat:
potong2 kabocha sebesar 3 cm
Masukan ke dalam panci, tambahkan bahan A.
Masak dg api besar sampai air tinggal sedikit.
masukkan bahan B, masak lagi selama 5 menit.
Siap dinikmati

Choco Vanila Puding


Farhan sukaa banget puding ini, kalu bikin puding ini sampe nggak berani makan banyak2, he..he...Sumbernya dari sini. Makasih banget mbak Ria...resepnya...



Resep CHOCO VANILLA PUDDING

BAHAN :
untuk lapisan coklat :
1 bungkus agar2 bubuk warna putih
100 gram gula pasir
400 cc susu plain (Ultra)
2 sdm coklat bubuk, larutkan dg 2 sdm air panas
2 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya.
pasta coklat secukupnya

untuk lapisan vanilla
1 bungkus agar2 bubuk warna putih
100 gram gula pasir
400 cc susu plain (Ultra)
2 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya.
1 sdt vanili bubuk

untuk lapisan buah :
Buah kaleng secukupnya
1/2 bks jelly bubuk plain
300 cc air
100 gr gula pasir


Cara membuatnya :
Siapkan loyang diameter 24, basahi dg air matang, sisihkan.

Buat lapisan coklat, campur semua bahan ke dalam panci kecuali telur.
Dalam mangkuk kecil, kocok lepas kuning telur,
sisihkan.
Masukkan putih telur dalam bowl yang cukup besar.
Masak larutan agar sampai mendidih, sambil diaduk2.
Setelah mendidih, kecilkan api. ambil 1 sendok larutan agar dan masukkan cepat ke dalam mangkuk berisi kuning telur, aduk rata dg cepat lalu masukkan kembali ke dalam panci, aduk dg rata lalu angkat.
Kocok putih telur sampai kaku lalu turunkan speed mixer 1 level, tuang larutan agar sedikit2 sambil terus dikocok. Lakukan sampai larutan habis.
Tuang larutan ke dalam loyang agar, sisihkan.

Lakukan hal yang sama untuk puding vanillanya. lalu tuang diatas lapisan sebelumnya.

Susun buah diatas lapisan vanilla, lalu masak jelly, gula dan air hingga mendidih dan tuang pelan-pelan diatas buah. Biarkan dingin lalu masukkan kulkas.

VLA untuk puding
Bahan :
1200 cc susu plain (Ultra)
200 gram gula pasir
50 gram maizena
1 sdt vanili bubuk
Cara membuatnya :
campur semua bahan jadi satu, lalu masak sampai
mendidih sambil diaduk. angkat. biarkan dingin, sambil diaduk2 biar tidak timbul kepala susu nya.

Penyajian :
Balikkan puding dari loyang ke piring besar, lalu potong puding sesuai selera dan sajikan dengan vla.
Nikmat bila disajikan dingin.

Sunday, June 15, 2008

Dedeng Balado


Udah sering bikin dendeng balado ini, tapi baru sempet posting sekarang.
Resepnya dari mbak Tanti. Kalau ada bumbu yg kurang tolong dikoreksi yaa..sensei..^-^

Bahan:
1 kg daging, iris tipis. kalau saya beli saja di baticrom daging yg udah ditipisin. Maaf bukan salesnya baticrom lho..^-^
Bumbu
3 ruas lengkuas,
1 batang serei
4 siung bw. putih
8 butir bawang merah
1 sdm ketumbar
1 ruas jahe
garam secukupnya.

cara membuat:
Haluskan semua bumbu. Kalao saya pake blender aja, praktis.
Didihkan air, sesuai kebutuhan aja yaa banyaknya airnya.
Masukkan daging dan bumbu. Rebus hingga matang.
Goreng daging
Siram dengan sambal balado

Resep sambal balado:
8 butir bawang merah
1 buah tomat
garam secukupnya
5 butir cabe merah (atau sesuai selera)

Haluskan semua bahan, tumis dg minyak yg agak banyak hingga matang.

Macaroni skotel goreng


Judulnya ditambahin goreng krn yg difoto yg udah digoreng. Resepnya sih..resep makaroni skotel kayak biasa. Ini gara2 lihat mbak Evie posting masakan ini. Kebetulan juga ada keju2 yg hrs segera dihabiskan. Jadilah bikin simakaroni ini. Biar nggak bosen yaa..digoreng gitu. Dan kok menurut saya lebih gurih yg digoreng yaa...

Resep:
200 gr makaroni, rebus sesuai petunjuk dikemasan
2 butir telur, kokcok lepas
1 kaleng tuna (80 gr)
150 gr ayam dada, dipotong kecil2
150 gr keju Chedar, potong2 kecil
100 gr keju mozella/ parut, buat toping
400 cc susu cair
1 sdt merica bubuk
garam secukupnya
1 butir bawang bombay, potong kecil2
2 sdm margarin utk menumis

Cara membuat:
Tumis bw. bombay hingga harum
tambahkan merica
masukkan ayam, tumis hingga berubah warnanya
Masukkan tuna kaleng, makaroni, dan keju chedar
masukkan garam, aduk2 hinggak rata.
Matikan api, masukkan telur dan susu cair, aduk rata.
Siapkan pinggan utk oven, kira2 ukurannya 22x22x5 cm
olesi pinggan dg margarin, masukkan adonan makaroni, taburi dg keju mozella/parut
Panggang dg suhu 180 derajat selama 40 menit.

Kalau mau digoreng, dinginkan makaroni skotel, potong2 sesuai selera. Celupkan ke kocokan telur (2-3 butir telur), goreng hingga kecoklatan.

Hidangkan dg sambal botol, ehmm..nyaam ^-^

Wednesday, May 07, 2008

Syomai Tahu


Siomay tahu, salah satu camilan untk mensiasati supaya farhan mau makan tahu. Anak itu emang susah dg yg bau2 tahu. Alhamdulillah dg cara ini farhan jadi mau makan tahu (soalnya rasa tahunya nggak kerasa, he..hee..). Berhubung di ngy ini kulit siomay nggak ada yg aman, jadi utk kulitnya saya pake kulit lumpia (pesan dg teman). Teksturnya memang lebih renyah dari kulit syomai.

Resep:
Bahan:
Kulit siomay/ kulit lumpia (bagi 4 tiap lembarnya)
200 gr ayam giling
400 gr tahu putih, haluskan
100 gr tepang katakuriko (kanji/sagu)
50 gr tepung terigu
2 butir telur
2 ikat daun bawang, iris halus
5 sdm sakura ebi (ebi), haluskan

Bumbu:
Merica bubuk 1 sdt
Gula 1/2 sdt
garam 1 sdt (bisa ditambah/dikurang tergantung selera)
Minyak ikan 1 sdt (optinal)

Cara membuat:
Campur semua bahan (kecuali kulit), aduk rata. Masukkan bumbu2, aduk rata.
Ambil selembar kulit siomay, isikan satu sendok makan adonan.
Bentuk sesuai selera. Kukus/goreng siomay.
Sajikan dg sambal kacang/sambal botol.

*** Kalau digoreng, goreng dg api kecil, spy bagian dalamnya benar2 matang dan kulitnya tidak cepat gosong.


pindang tulang/iga



Sumber : milis Dapur bunda


Diposting oleh Shinta little kitchen


Bahan :
1 kg iga sapi, kalo bisa cari yang banyak tulang mudanya
8 siung bawang merah, iris halus
4 siung bawang putih, iris halus
2 lembar daun salam
1 batang sereh, digeprak
3 cm kunyit, iris
3 cm jahe, iris
3 cm laos, iris
2 sdm air asam jawa dari ± 3 mata asam jawa
3 buah cabe merah, belah 2 boleh dibuang bijinya
3 buah cabe ijo, belah 2 boleh dibuang bijinya
1 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
garam secukupnya
1 ikat daun kemangi, petiki
1 batang daun bawang, potong-potong
1 buah tomat, potong 8

caranya:
didihkan air didalam panci secukupnya sampai kira-kira iga sapi terendam semua setelah mendidih, masukkan iga sapi, bawang merah, bawang putih, salam, sere, laos, kunyit, jahe, masak sampai iga empuk masukkan air asem jawa, kecap manis, kecap asin, garam ,masukkan cabe merah dan cabe ijo, didihkan lagi sesaat sebelum dihidangkan, masukkan tomat, kemangi dan daun bawang. hidangkan panas-panas















.

__,_._,___






Thursday, April 17, 2008

Chiffon ketan Hitam

Alhamdulilah ...Akhirnya bisa juga deh...baking cake lagi...Setelah kejar-kejaran dg jam tidur siangnya filzah. Maklum filzah tidurnya masih suka kebangun2..masih blm jelas jadwalnya


Sumber NCC

Bahan A:
160 gr kuning telur
75 gr gula kastor
1 sdt vanilli

Bahan B:
240 gr putih telur
125 gr gula kastor
1 sdt garam

Bahan C:
50 gr tepung terigu protein sedang
100 gr tepung ketan hitam
1 sdt Baking Powder Double Acting (pake baking powder biasa)

Bahan D:
150 ml santan kental instant
3 sdm minyak sayur

Cara membuatnya:

  1. kocok bahan A hingga kental, sisihkan. Dengan mixer bersih lain, kocok bahan B hingga kaku.
  2. Tuang adonan B kedalam adonan A secara bertahap sambil diaduk hingga rata.
  3. Ayak Bahan C, tuang kedalam adonan pertama, aduk rata. Tuangi bahan D, aduk balik hingga rata.
  4. Tuang adonan kedalam loyang Chiffon yang telah dialas kertas, oven dengan suhu 200’C selama 20 menit, lanjutkan dengan suhu 150’C selama 30 menit lagi hingga matang.
  5. Angkat, balik loyang diatas alas kue, biarkan dingin. Lepaskan dari loyang, potong-potong.

Bakwan Mie


Pingin bikin camilan, tapi nggak mau yg ribet..akhirnya bikin deh..camilan ini. Lumayan rasanya. farhan sampe bolak-balik nambah ^-^

Bahan:
2 bungkus mie
10 ekor udang, bersihkan, cincang halus
1 bungkus bumbu indomie
2 butir telur
daun bawang, seledri sesuai selera, iris halus
merica bubuk, garam secukupnya
1 siung bawang putih

cara membuat:
rebus mie, tiriskan, potong2.
campur semua bahan dg mie.
Goreng hingga kecoklatan.
Sajikan dg sambal botol/cabe
Yummy..deh...^-^

Filzah


Ini Foto filzah 2 bulan....

Tuesday, February 26, 2008

Anggota Baru

Alhamdulillah, telah lahir putri kami (anak kedua), pada hari ahad 17 Februari 2008 pukul 5.35 pagi waktu jepang. Dengan berat 3422 gr dan panjang 51 cm. Terima kasih atas doa sahabat semua semoga kami mampu mengemban amanah baru ini. Untuk sementara bakalan nggak bisa update resep2...

Fotonya menyusul...

Wednesday, January 30, 2008

Ayam Suwir





Sumber dari sini yaaa,
Saya tambahkan dengan 1/2 sdm kunyit bubuk dan nggak pake terasi.

dada ayam
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
500 ml air
250 ml santan kental
3 lembar daun jeruk
10 cm serai, memarkan
1 sdm air asam
garam sesuai selera
1/2 sdt merica
3 siung bawang merah, iris tipis
3 sdm minyak sayur untuk menumis

Bumbu halus
4 siung bawang putih
5 buah cabe merah
1 sdm gula merah
1 cm kencur
1/2 sdt terasi matang (nggak pake)
1/2 sdm kunyit bubuk (tambahan)

Cara membuat
1. Cuci ayam, lumuri dengan air jeruk nipis, biarkan 15 menit, cuci, tiriskan
2. Rebus dengan 500 ml air, angkat, buang tulang dan kulit, suwir2, sisihkan, simpan kaldu untuk keperluan lain
3. Tumis bawang merah sampe harum
4. Masukkan bumbu halus, daun jeruk, serai aduk sampe berubah warna
5. Masukkan santan, air asam, garam, merica, dan ayam, aduk sampe santan susut dengan api sedang
6. Angkat, sajikan

Monday, January 07, 2008

kue sus






Kue Sus

(Sumber: Milis DapurBunda)

Bahan:
130 gr Tepung Terigu Cakra Kembar
1 sdt garam
100 gr margarine
4 butir telur
250 ml air

Isi:
Resep Vanila:

Untuk resep vanilanya sudah di modif sedikit aja...^-^

Bahan:
3 btr kuning telur
75 gr tepung Maizena
500 ml susu segar
75 gr gula pasir
50 cc air jeruk sunkist

Cara Membuat Kulit Sus:

  1. Air, garam dan margarine dimasak sampai mendidih.
  2. Masukkan tepung, aduk sampai matang dan tercampur rata. Matikan api. Biarkan hingga adonan hingga dingin. Masukkan telur ke dalam adonan tepung satu persatu sambil terus diaduk atau dimikser sampai rata dan halus.
  3. Panaskan oven dengan suhu 200 derajat.
  4. Semprotkan atau sendokkan ke atas loyang kue kering beralas kertas roti/silikon. Panggang selama kurang lebih 25 menit. Angkat.
  5. Isi sesuai selera.
Cara Membuat isi vla:
  1. Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, kocok lepas kuning telur, satukan. Sisihkan
  2. Didihkan susu , air jeruk dan gula pasir sambil diaduk hingga gula larut. Tuang larutan tepung maizena, aduk cepat dan rata, biarkan mendidih sekali lagi. Angkat. Aduk hingga dingin.
Penyelesaian:

Semprotkan isi vla ke kulit sus dg menggunakan plastik segitiga.