Saturday, June 05, 2010

Cake Ubi kukus


Dapat ubi banyak banget dari ibu mertua tercinta, udah dibagi-bagi, masih banyak aja. Bingung mau diapakan. Kebetulan dapat giliran bikin konsumsi untuk pengajian yang diadakan tiap hari kamis. Yaa udah kepikir mau memperdayakan siubi yg masih banyak aja. Cari-cari resep, nemu resep dari buku resep jepang "Bikkuri Oyatsu". Eh..nggak nyangka, walau bahannya cuma ubi, teman-teman suka dengan cakenya. Bahkan ada yg akhirnya pesan, he..he..alhamdulillah...
Ok deh..ini resepnya, kali aja ada yg mau coba juga...

Resep

Bahan:
300 gr ubi jalar, kupas, potong tipis-tipis melebar(besar2 yaa potongannya), sisihkan
200 gr ubi jalar, kukus, kupas haluskan.
200 cc susu cair
80 gr butter/margarine
3 butir telur, pisahkan kuning dengan putihnya
80 gr gula pasir.
50 gr tepung terigu
1/2sdt vanili essen atau vanili bubuk

Cara membuat:
  • Campur ubi yg sudah dihaluskan dengan susu. sisihkan
  • Kocok butter/margarine dengan 40 gr gula hingga lembut, masukkan kuning telur satu persatu, campur dengan adonan ubi, aduk rata. masukkan tepung terigu, aduk hingga rata.
  • Di tempat yg lain, kocok putih telur hingga setengah kaku, masukkan sisa gula putih (40 gr), kocok hingga putih telur kaku.
  • Campur putih telur dengan adonan ubi dan kuning telur hingga tercampur rata.
  • Sipakan loyang loaf ukuran 24X9cm. Oles loyang tipis2 dengan margarine.
  • Susun ubi jalar yg telah dipotong-potong ke tiap sisi loyang. masukkan adonan cake ke loyang.
  • Siapkan panci pengukus, panaskan hingga uapnya banyak, kecilkan apinya.
  • Masukkan loyang yg sudah berisi adonan cake ke panci pengukus. Kukus kurang lebih 45 menit. atau sampai matang. Angkat, dinginkan. Baru keluarkan dari loyang. Potong-potong, siap dimakan ^-^

10 comments:

farros hebat said...

mbak, ijin copas resepnya yaa mumpung punya ubi, dapet dari ibu mertua juga, hihihi

Desita Eka said...

silahkan mbak..salam kenal yaa maaf baru buka2 blog lagi, jadi baru dibalas.

kay said...

mbak, salam kenal..
minta izin nyobain resepnya ya..baru panen ni..:-)

kay said...

mbak, salam kenal
minta izin nyobain resepnya ya..
baru panen ni..:-)

depot-voucher-pulsa-pln said...

apalagi pake ubi ungu, pastinya bergizi tinggi. trimss..

sweet intruder said...

Mbak, bisa gak gak pakai potongan besar ubinya... soalnya apa gak keras? saya lihat di resep, ubi potongan besarnya gak dikukus soale.. hehehe.. makasih...

Desita Eka said...

Maaf mbak ini blog sudah lama nggak disentuh2. Bisa aja kalau nggak pake ubi besar. Tapi ubi besarnya juga ikut di kukus kok. Kan siubi besar ditaruh disisi-sisi loyang. Ikut dikukus bareng adonan cakenya. Semoga nggak bingung yaaa..

Desita Eka said...

Mbak, Kay..maaf yaaa balasannya tuelaaat...banget...Silahkan mbak...

Desita Eka said...

Yuppp ubi ungu emang top...

Desita Eka said...

Yuppp ubi ungu emang top...